Self-Acceptance Pada Lagu ‘Sorai’ Nadin Amizah
Keywords:
Penerimaan Diri, Lagu , Nadin Amizah, Five Stages of Grief, Analisis LirikAbstract
Musik merupakan salah satu medium komunikasi yang dapat merepresentasikan emosi dan pengalaman individu, termasuk dalam proses penerimaan diri. Lagu Sorai karya Nadin Amizah menampilkan perjalanan emosional seseorang dalam menghadapi perpisahan melalui lirik yang mencerminkan penerimaan diri dan perubahan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran penerimaan diri (self-acceptance) pada lirik lagu Sorai, menggunakan teori Five Stages of Grief (Lima Tahap Berduka) menurut Elisabeth Kübler-Ross dengan metode penelitian kualitatif deskriptif berfokus pada analisis lirik lagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu "Sorai" menggambarkan proses emosional yang meliputi lima tahap berduka, yaitu penyangkalan (denial), kemarahan (anger), tawar-menawar (bargaining), depresi (depression), dan penerimaan (acceptance). Lirik lagu tersebut mencerminkan perjalanan emosional seseorang dalam menghadapi perpisahan, mulai dari penolakan terhadap kenyataan hingga akhirnya mencapai penerimaan diri. Lagu ini menekankan pentingnya merayakan kenangan indah meskipun hubungan telah berakhir, serta menghargai setiap momen yang telah dilalui. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami bagaimana musik dapat menjadi medium komunikasi emosional yang efektif dalam menyampaikan pesan tentang penerimaan diri.
Downloads
References
Audrey, V. (2020, September 26). IWF 2020: Nadin Amizah bagikan 5 inspirasinya dalam berkarya. IDN Times. https://www.idntimes.com/hype/entertainment/vanessa-audrey/nadin-amizah-bagikan-5-inspirasinya-dalam-berkarya?page=all
Bazaar Indonesia. (2021, August 7). Proses Nadin Amizah jatuh cinta pada kata-kata indah dalam hidupnya. Harper’s Bazaar. https://harpersbazaar.co.id/articles/read/8/2021/15676/proses-nadin-amizah-jatuh-cinta-pada-kata-kata-indah-dalam-hidupnya
Bernard, M. E. (Ed.). (2013). The strength of self-acceptance. Springer New York.
Bluth, K., & Blanton, P. W. (2015). The influence of self-compassion on emotional well-being among early and older adolescent males and females. The Journal of Positive Psychology, 10(3), 219–230. https://doi.org/10.1080/17439760.2014.936967
Cahya, S. I. A., & Sukendro, G. G. (2022). Musik sebagai media komunikasi ekspresi cinta (Analisis semiotika lirik lagu Rumah ke Rumah karya Hindia). Koneksi, 6(2), 246–254. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15565
Damara, R., et al. (2023). Klasifikasi emosi yang terdapat dalam lirik lagu Jiwa yang Bersedih karya Ghea Indrawari. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(6). https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/494
Erikson, E. H. (1968). Identity: Youth and crisis. W. W. Norton & Company.
Fauziana, A. (2023). Analisis lagu “Rayuan Perempuan Gila” karya Nadin Amizah menggunakan pendekatan mimetik. Universitas Malikussaleh.
Fitri, S. (2017). Analisa semiotik makna motivasi lirik lagu Cerita Tentang Gunung Dan Laut karya Payung Teduh. Jurnal Komunikasi, 8(3).
Fuadi, M. F., et al. (2023). The meaning of mindfulness in song lyrics of Sorai by Nadin Amizah. Jurnal Pustaka Komunikasi, 6(1).
Goleman, D. (1998). Working with emotional intelligence. Bantam Books.
Indraswari, O. A., & Yuliyanto, A. (2023). Gaya bahasa dan makna lagu Nadin Amizah: Beranjak Dewasa, Bertaut, dan Mendarah. Bapala, 10(3).
Iqbal, M. N. (2022). Penggunaan lirik lagu Bertaut karya Nadin Amizah dalam keterampilan menulis puisi bertemakan ibu pada siswa SMA Negeri 1 Ciseeng Bogor tahun pelajaran 2021/2022. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Jersild, A. T. (1957). The psychology of adolescence. Macmillan.
Kübler-Ross, E. (1969). On death and dying. Scribner.
Kübler-Ross, E., & Kessler, D. (2009). On grief and grieving: Finding the meaning of grief through the five stages of loss. Scribner.
Lova, C., & Kistyari, K. (2022, November 25). Cerita Nadin Amizah tentang lagu-lagunya yang puitis dan berbahasa baku. Kompas. https://www.kompas.com/hype/read/2022/11/25/165946366/cerita-nadin-amizah-tentang-lagu-lagunya-yang-puitis-dan-berbahasa-baku
Mezirow, J. (1991). Transformative dimensions of adult learning. Jossey-Bass.
Mirza, M., & Rakka, D. (2022). Analisis gaya bahasa pada lirik lagu Rumpang karya Nadin Amizah. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(4). https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.447
Pangerang, A. M. K. (2017, November 17). Dipha Barus tak menyangka, Nadin menangis di AMI Awards 2017. Kompas. https://entertainment.kompas.com/read/2017/11/17/093926210/dipha-barus-tak-menyangka-nadin-menangis-di-ami-awards-2017
Petranto, I. (2005). It takes only one to stop the tango: Menyelamatkan perkawinan seorang diri. Kawan Pustaka.
Pramudia Swara, L. (2022). Memaknai ungkapan musik melalui dimensi linguistik. Indonesian Art Journal, 11(1), 36–44. https://doi.org/10.24821/ekp.v11i1.6983
Sahertian, W. C., & Mulyono. (2024). Representasi penerimaan diri dalam album Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya karya Nadin Amizah: Kajian analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk. Sapala, 11(2), 12–20.
Santrock, J. W. (2011). Life-span development: Perkembangan masa hidup (13th ed.). Erlangga.
Sari, C. N., et al. (2023). Representasi feminisme penerimaan diri dalam video klip lagu Tutur Batin. Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain dan Media, 2(1), 8–14.
Schön, D. A. (1983). The reflective practitioner: How professionals think in action. Basic Books.
Sobur, A. (2016). Semiotika komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.
Tsaqifa, F. (2023). Hubungan intensitas mendengarkan lagu “Diri” karya Tulus terhadap self-acceptance pada komunitas Teman Tulus Solo. Universitas Sebelas Maret.
Williams, J., & Lynn, S. (2010). Acceptance: An Historical and Conceptual Review. Imagination, Cognition and Personality, 30, 5-56.
Yudi, R. D., et al. (2023). Analisis gaya bahasa dan makna lirik lagu Sorai oleh Nadin Amizah. Artikulasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 103–109.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zahra Tri Ayuningtyas, Anastasya Andriarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.