Analisis Konsep Diri Gen Z Melalui Konten TikTok Shaza Zhania Sebagai Beauty Influencer

  • Dianingtyas Putri Universitas Bakrie
  • Dinara Safina L Universitas Bakrie
Keywords: TikTok, konsep diri, Generasi Z, beauty influencer, komparasi sosial

Abstract

Pembentukan konsep diri yang memerlukan waktu yang tidak singkat ini, memiliki banyak faktor yang memengaruhinya. Salah satu faktor adalah media sosial TikTok, sebab melalui kontennya dapat terjadi komparasi sosial bagi yang mengkonsumsinya. Dalam penulisan ini, content creator Shaza Zhania sebagai beauty influencer memengaruhi Gen Z yang mayoritas sebagai followersnya. Hasil pembahasannya menunjukkan bahwa konten yang disajikan menciptakan perbandingan sosial, terutama dalam aspek penampilan, gaya hidup antara Shaza Zhania dengan sang kekasih. Respon yang diberikan oleh para informan beragam, hal ini dipengaruhi bagaimana pola asuh dalam keluarganya. Sehingga memengaruhi cara mereka berpikir dan menangapi dari konten-konten tersebut. Mind, self, dan society memainkan peran penting di mana mereka cenderung memproses informasi yang diperolehnya menjadi landasan utama ketika melakukan komparasi dirinya ketika mereka mengakses dan mengkonsumsi konten media yang disajikan oleh Shaza Zhania.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dianingtyas Putri, Universitas Bakrie

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

Dinara Safina L, Universitas Bakrie

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

References

Arum, L. S., Zahrani, A., & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59-72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812
Anggraini, R. F., & Farida. (2023). Pengaruh Konten Beauty pada TikTok terhadap Minat Beli Produk Kecantikan. Journal Communication Specialist, 2(3), 507-519.
Anggraini, D., Nurmayasari, M., & Saripah. (2023). Penggunaan Media Sosial TikTok dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMK Al Khairiyah Bahari Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2239-2244. DOI: 10.31004/jptam
Anggarini, D. R., Putri, A. D., & Lina, L. F. (2021). Literasi Keuangan untuk Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 147–152. https://doi.org/10.54082/jamsi.42
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79.
Cahyono, A. S. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial TikTok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share: Social Work Jurnal, 10(2), 199-208. DOI: 10.24198/share.v10i2.31443
Citraningsih, D., & Noviandari, H. (2023). Interaksionisme Simbolik: Peran Kepemimpinan Dalam Pengambilan Keputusan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9179-9192.
Erwan E., Fadila F., Sitorus K. T., Pratama T., Hsb, W. A. (2024). Interaksionisme Simbolik dan Prakmatis. Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, Volume 4,Nomor 3.1088-1095E-ISSN2798-DOI:10.47467/dawatuna.v4i3.5141088
Evita, N. (2023). Generasi Z dalam Pemilu: Pola Bermedia Generasi Z dalam Pencarian Informasi Politik. Electoral Governance: Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 5(1), 9179-9192.
Fitriani, L. T. (2024, Februari 29). Profil Biodata Shasa Zhania. Retrieved from Media Blitar. com: https://mediablitar.pikiran-rakyat.com/hiburan/pr-327756248/profil-biodata-shasa-zhania-yang-baru-dilamar-gio-umur-agama-asal-pendidikan-akan-menikah-instagram-dan?page=all
Fakih, F. I., Purnawan, N. L., & Pradipta, A. D. (2021). PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING @jharnabhagwani SEBAGAI BEAUTY INFLUENCER MELALUI TIKTOK. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 2 Universitas Udayana https://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/76480.
Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIK TOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE GERAKAN CUCI TANGAN DI INDONESIA UNTUK PENCEGAHAN CORONA COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 5 No. 2 https://core.ac.uk/download/pdf/328150926.pdf, 71.
Irawan, S. (2017). Pengaruh Konsep Diri terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–48. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p39-48
Jansen, M., Boda, Z., & Lorenz, G. (2022). Social comparison effects on academic self-concepts—Which peers matter most? Developmental Psychology, 58(8), 1541–1556. https://doi.org/10.1037/dev0001368
Kandi dkk. (2023). PENGANTAR PSIKOLOGI UMUM. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Kurniawan, R. R., Wahyuni, S., & Rahmawati, N. (2023). Politik Uang Dalam Pemilu 2019: Sebuah Kajian Interaksionisme Simbolik Pada Masyarakat Kelurahan Dompak Tanjungpinang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9179-9192.
Kustiawan, W., Amelia, R. N., & Sugiarto, S. (2022). Dampak Media Sosial Tiktok terhadap Perilaku Remaja pada Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 2108-2115. DOI: 10.2774-2075/jikem.v2i1.2108-2115
Marketeers. (2024, April 19). Dukung Content Creator, TikTok Gelar Kompetisi Beauty Star on TikTok. Dukung Content Creator, TikTok Gelar Kompetisi Beauty Star on TikTok (marketeers.com)
Nainggolan, V., Rondonuwu, S., & Waleleng, G. (2018). PERANAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM INTERAKSI SOSIAL ANTAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNSRAT MANADO. ACTA DIURNA Vol. 7 No. 4 , https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/22022/21723.
Pakan, E. D., & Purwanto, S. (2022). PENGARUH BEAUTY INFLUENCER DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FACIAL WASH GARNIER DI SURABAYA. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 5(3), 764-772.
Putra, J. (2018). Peran Syukur sebagai Moderator Pengaruh Perbandingan Sosial terhadap Self-esteem pada Remaja Pengguna Media Sosial. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(2), 197-210. doi:https://doi.org/10.21580/pjpp.v3i2.2650
Putri, D. M. (2012). Pembentukan Konsep Diri Anak Usia Dini di One Earth School Bali. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, vol. 2, no. 1, pp. 100-117, doi:10.36782/jcs.v2i1.41.
Putri, D. M. (2015). Peran Media Sosial Dalam Pembentukan Konsep Diri Remaja. Universitas Bakrie, Jakarta.
Putri, D. M., Hanathasia, M., Kania, D., & Fortunisa, A. (2022). Peran Psikologi Sosial dalam Kampanye Sosial Literasi Kekerasan Berbasis Gender Onlineuntuk Melindungi Self-Imagepada Gen Z di Forum Anak Kota Bekasi (FORAKSI). Indonesian Journal for Social Responsibility (IJSR) Vol. 4, No. 02, (2022), pp. 143-160https://doi.org/10.36782/ijsr.v4i02.147, 147.
Putri, D. M. dkk. (2021). PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS. Universitas Bakrie.
Rahmana, P. N., N, D. A., & Damariswara, R. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI DI ERA GENERASI Z. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN file:///C:/Users/Dinara%20Safina/Downloads/1959-Article%20Text-6886-1-10-20221231.pdf.
Ranubaya, F. A., & Endi, Y. (2023). Analisis Privasi Dan Publikasi Postingan Media Sosial Di Kalangan Orang Muda Menurut Interaksionisme Simbolik Herbert Blumer. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(2), 133–144. https://doi.org/10.37329/metta.v3i2.2455
Rasendriya, S. (2023). PENGARUH BEAUTY INFLUENCER DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION SKINCARE SOMETHINC PADA FOLLOWERS TIKTOK TASYA FARASYA . Yogyakarta: http://eprints.upnyk.ac.id/38507/5/SKRIPSI%20FULL%20TEXT_153190072_SALWA%20RASENDRIYA.pdf.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 1-6. Doi: 10.21831/jpk.v1i1.1316
Widiarti, P. W. (2017). KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PENDAMPINGAN PADA SISWA SMP SE KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Ilmiah Universitas Negeri Yogyakarta, Vol 47, No 1, doi:10.21831/informasi.v47i1.15035
Published
2024-03-31
How to Cite
Putri, D., & Safina L, D. (2024). Analisis Konsep Diri Gen Z Melalui Konten TikTok Shaza Zhania Sebagai Beauty Influencer. ARUNIKA: Bunga Rampai Ilmu Komunikasi, 2(01), 46 - 56. https://doi.org/10.36782/arunika.v1i01.325