Dukungan dan Inovasi Era Digital sebagai Pemberdayaan Ekosistem UMKM (Strategi Positioning Rumah BUMN BRI dalam Sektor UMKM)

  • Elsya Lidia Universitas Bakrie
  • Suharyanti Universitas Bakrie
Keywords: Branding, Strategi Positioning, UMKM, Rumah BUMN BRI, Kompetitor

Abstract

Strategi merek sangat penting bagi bisnis untuk dimanfaatkan sebagai upaya pembentukan identitas  dan pembeda merek dari pesaing. Strategi pemasaran yang menciptakan kesan tertentu pada konsumen adalah strategi positioning. Tulisan ini mencoba menganalisis strategi positioning Rumah BUMN BRI untuk menyasar UMKM binaan BRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi positioning yang dilakukan Rumah BUMN BRI berdasarkan keunggulan produk dan produk pesaing adalah relevan sehingga memperkuat merek. Manfaat produk terbagi menjadi manfaat fungsional dan emosional dan diterima dengan baik oleh UMKM yang didukungnya.


Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Elsya Lidia, Universitas Bakrie

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

Suharyanti, Universitas Bakrie

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

References

Brzakovic, A. B. (2021). Positioning a Brand on the Market. 5th International Scientific Conference ITEMA , 114-118.
Hasiholan, L. B., & DJ, Y. R. (2019). Strategi Positioning Dalam Upaya Membangun Brand. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(2), 229-240.
Kotler, P. A. (2018). Principles of Marketing. United Kingdom: Pearson.
Kotler, P. K. (2016). Marketing Management 15th Global Edition. England: Pearson.
Published
2023-12-29
How to Cite
Lidia, E., & Suharyanti. (2023). Dukungan dan Inovasi Era Digital sebagai Pemberdayaan Ekosistem UMKM (Strategi Positioning Rumah BUMN BRI dalam Sektor UMKM). ARUNIKA: Bunga Rampai Ilmu Komunikasi, 1(01), 13 - 17. https://doi.org/10.36782/arunika.v1i01.356
Section
Articles