Self-Disclosure Generasi Z pada Media Sosial Instagram (Pengungkapan Diri melalui Instagram pada Peserta Homeschooling di Jakarta)
Abstract
Generasi Z yang merupakan peserta homeschooling di Jakarta memiliki pertimbangan tersendiri dalam mengungkapkan dirinya di media sosial Instagram. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa pemilihan topik yang dibagikan di Instagram menjadi faktor penting pada sejauh mana individu membuka diri. Hal ini menunjukkan bahwa individu cenderung lebih terbuka dalam membagikan informasi yang berkaitan dengan topik tertentu daripada informasi yang lebih sensitif. Temuan ini juga memberikan persepektif baru tentang bagaimana peserta homeschooling berinteraksi pada sosial media Instagram. Implikasi dari penelitian ini mencakup dampaknya terhadap hubungan sosial di dunia nyata dan citra diri individu, menunjukkan bahwa aktivitas self-disclosure dapat memengaruhi cara individu dilihat dan diterima oleh orang lain, terkhusus di dunia maya.
Downloads
References
Ariefianto, L. (2017). Homeschooling: Persepi, Latar Belakang dan Problematikanya (Studi Kasus pada Peserta Didik di Homeschooling Kabupaten Jember). Jurnal Edukasi.
Gulo, M. S., & Ambarita, T. F. (2023). Perbedaan Self-Disclosure, pada Dewasa Awal Pengguna Media Sosial “Instagram” Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan . INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 9294-9307.
Hana, A. F., & al, e. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perubahan Perilaku Komunikasi Secara Langsung pada Generasi Z di Jakarta Selatan. Discourse: Journal of Social Studies and Education, 8-16.
Kornelia Johana; Fitri Dwi Lestari; Della Nurul Fauziah. (2020). JIMT: Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 280-289.
Magan, R. P., Martin, & Anggara, V. (2022). Etika Bermedia Sosial bagi Generasi Z. Jurnal Filsafat Terapan, 1-25.
Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sari, A. C., Awalia, R., & al, e. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. Research Gate.
Sarjani, D. K. (2023). Self Disclosure Pada Pengguna Platform Media Sosial Tanya Jawab Quora. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 1-18.
Septiani, D., Azzahra, P. N., Wulandari, S. N., & Manuardi, A. R. (2019). Self Disclosure dalam Komunikasi Interpersonal: Kesetiaan, Cinta, dan Kasih Sayang. Fokus: Jurnal Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan.
Sheldon, P. (2013). Examining Gender Differences in Self-Disclosure on Facebook Versus Face-to-Face. Research Gate.
Sirajuddin, K. K., Ahmad, & Siswanti, D. N. (2023). Hubungan Harga Diri dengan Kepuasan Hidup Generasi Z Pengguna Media Sosial Instagram. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 255-265.
Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., & al, e. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian.
Walsh, R. M., Forest, A. L., & Orehek, E. (2019). Self-disclosure on social media: The Role of Perceived Network Responsiveness. Computers in Human Behavior.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024, Februari 07). Diambil kembali dari https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Andrian, B., SM, A. E., & Octaviani, V. (2022). Self Disclosure Analysis of Second Instagram Account Users Among Students of Dehasen University Bengkulu. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial dan Politik.
Ariefianto, L. (2017). Homeschooling: Persepi, Latar Belakang dan Problematikanya (Studi Kasus pada Peserta Didik di Homeschooling Kabupaten Jember). Jurnal Edukasi.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024, Februari 07). Diambil kembali dari https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Badan Pusat Statistik. (2020). Diambil kembali dari https://sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2020/2/0/0
Gulo, M. S., & Ambarita, T. F. (2023). Perbedaan Self-Disclosure, pada Dewasa Awal Pengguna Media Sosial “Instagram” Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan . INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 9294-9307.
Hana, A. F., & al, e. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perubahan Perilaku Komunikasi Secara Langsung pada Generasi Z di Jakarta Selatan. Discourse: Journal of Social Studies and Education, 8-16.
Kornelia Johana; Fitri Dwi Lestari; Della Nurul Fauziah. (2020). JIMT: Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 280-289.
Magan, R. P., Martin, & Anggara, V. (2022). Etika Bermedia Sosial bagi Generasi Z. Jurnal Filsafat Terapan, 1-25.
Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pane, d. M. (2023, Januari 3). Alo Dokter. Diambil kembali dari https://www.alodokter.com/benarkah-homeschooling-membuat-anak-sulit-bersosialisasi
Rumah Inspirasi. (2019). Diambil kembali dari https://rumahinspirasi.com/home/sosialisasi-anak-homeschooling/
Sari, A. C., Awalia, R., & al, e. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. Research Gate.
Sarjani, D. K. (2023). Self Disclosure Pada Pengguna Platform Media Sosial Tanya Jawab Quora. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 1-18.
Septiani, D., Azzahra, P. N., Wulandari, S. N., & Manuardi, A. R. (2019). Self Disclosure dalam Komunikasi Interpersonal: Kesetiaan, Cinta, dan Kasih Sayang. Fokus: Jurnal Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan.
Sheldon, P. (2013). Examining Gender Differences in Self-Disclosure on Facebook Versus Face-to-Face. Research Gate.
Sirajuddin, K. K., Ahmad, & Siswanti, D. N. (2023). Hubungan Harga Diri dengan Kepuasan Hidup Generasi Z Pengguna Media Sosial Instagram. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 255-265.
Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., & al, e. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian.
Walsh, R. M., Forest, A. L., & Orehek, E. (2019). Self-disclosure on social media: The Role of Perceived Network Responsiveness. Computers in Human Behavior.