Event Sebagai Daya Tarik Gen Z Dalam Melanjutkan Studi Ke Jenjang Pendidikan Tinggi (Studi Pada Event CGTS Universitas Bakrie)

  • Moh. Yusri Safitrah Universitas Bakrie
  • Mochammad Kresna Noer Universitas Bakrie
Keywords: Gen Z, Ajang Khusus, PR Pemasaran

Abstract

Dalam persaingan ketat di dunia pendidikan tinggi, Universitas Bakrie menghadapi tantangan untuk membedakan diri dan menonjolkan keunggulan mereka. Biro Komunikasi Strategis (BKS) memainkan peran penting dalam mengelola komunikasi, baik internal maupun eksternal, sebagai representasi Universitas. Fokus utama BKS adalah merancang strategi komunikasi khusus untuk menarik minat calon mahasiswa baru. Pendekatan ini didasarkan pada teori strategi pemasaran dan public relations. Dalam teori pemasaran, Kotler menekankan pentingnya memahami kebutuhan pasar dan memilih media yang tepat untuk menyampaikan pesan yang relevan kepada audiens target. Di sisi lain, teori public relations, seperti yang dijelaskan oleh Cutlip & Center, menggarisbawahi peran event, publisitas, dan sponsorship dalam membangun citra merek. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan fokus pada wawancara terstruktur dengan pihak yang terlibat dalam kegiatan CGTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan oleh CGTS mencerminkan integrasi yang kokoh antara konsep-konsep strategi pemasaran dan public relations yang telah terbukti efektif dalam literatur.

Author Biographies

Moh. Yusri Safitrah, Universitas Bakrie

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial

Mochammad Kresna Noer, Universitas Bakrie

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial

References

Chris, Fill & Sarah, Turnbull. (2016). Marketing Communications. (Seventh ed). United Kingdom: The Prentice Hall Europe.
Cutlip, Scott. M., Center Allen H. & Broom.Glen. M. (2009), Effective Public relations, Ed. 9. Jakarta : Kencana.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Manajemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Moleong, L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pudjiastuti, Wahyuni. 2010. Special Event. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.
Ruslan, R. 2005. Manajeman Public relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Salsabila, J. (2021). Strategi Komunikasi Digital Content marketing Untuk Membentuk Brand Engagement (Studi Akun Instagram @Pricebook.mobil Dengan Penggunaan Social Media Analytics).
Saraswati, A., & Hastari, C. (2020). Strategi Digital Content marketing Pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co Dalam Mempertahankan Brand Engagement.
Published
2024-03-31
How to Cite
Safitrah, M. Y., & Noer, M. K. (2024). Event Sebagai Daya Tarik Gen Z Dalam Melanjutkan Studi Ke Jenjang Pendidikan Tinggi (Studi Pada Event CGTS Universitas Bakrie). ARUNIKA: Bunga Rampai Ilmu Komunikasi, 1(01), 17 - 24. https://doi.org/10.36782/arunika.v1i01.322

Most read articles by the same author(s)