Menggali Histeria Keterikatan Emosional Penggemar K-Pop (Perilaku Penggemar EXO dalam Pembelian Album "Don’t Fight The Feeling")
Abstract
Fenomena Hallyu melanda berbagai industri budaya dan hiburan, bahkan memberikan pengaruh yang besar khususnya bagi para remaja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku konsumen khususnya bagaimana pengaruhnya terhadap harga diri penggemar saat membeli album “Don't Fight the Feelings” milik Idol K-Pop, EXO.
Penelitian ini menggunakan konsep perilaku konsumen ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan proaktif. Selanjutnya faktor-faktor yang mendukung perilaku konsumen dan empat dimensi harga diri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelian album melibatkan tiga dimensi sikap: kognitif, afektif, dan proaktif, serta beberapa jenis kronologi. Selanjutnya keterlibatan empat faktor juga mempengaruhi perilaku konsumen yaitu penggemar grup EXO. Keempat faktor tersebut adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis.
Downloads
References
CNNIndonesia.com. (2020, November 24). Musik. Retrieved from cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20201124134023-227-573801/penjualan-album-k-pop-meroket-di-masa-pandemi-covid-19
Rangkuti, E., & Mardiawan. (2016). Hubungan antara Self-Esteem dengan Perilaku Compulsive Buying pada Remaja Anggota Hansamo. Prosiding Psikologi, 1(2), 23-29.
Solomon, M. (2018). Consumer Behavior: Twelfth Edition. Edinburg, England: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing Management: 14th Edition. Jersey: Pearson Education, Inc.
Kpopstarz.com. (2021, Mei 26). News. Retrieved from kpopstarz.com: https://www.kpopstarz.com/articles/299167/20210526/big-3-entertainment-companies-see-steep-rise-trading-market.htm
Kumparan.com. (2020, Desember 30). Retrieved from kumparan.com: https://kumparan.com/arindanvts/korean-wave-atau-hallyu-demam-baru-di-masyarakat-1usNNFcLB6U