Heylocal dan Kepercayaan Konsumen: Transformasi Brand Reputation di Dunia Digital (Analisis pada Akun Instagram @heylocal.id)
Abstract
Reputasi merek merupakan aspek penting yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Brand fashion @heylocal.id merupakan brand yang memiliki reputasi tinggi di kalangan konsumen. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reputasi merek terhadap keputusan pembelian pengikut akun Instagram @heylocal.id di kalangan anggota komunitas Hijab Bekasi. Berdasarkan hasil analisis dan persamaan regresi sederhana, terdapat pengaruh positif antara reputasi merek terhadap keputusan pembelian. Dalam konteks ini, semakin tinggi reputasi merek, semakin tinggi keputusan pembeliannya. Selain itu, sekitar 43,9% variasi keputusan pembelian dapat dikaitkan dengan variasi reputasi merek.
Downloads
References
Agmeka, F., Wathoni, R. N., & Santoso, A. S. (2019). The influence of discount framing towards brand reputation and brand image on purchase intention and actual behaviour in e-commerce. Procedia Computer Science, 161, 851-858.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, 15th edition. Pearson Education, Inc.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (Edisi 12, Jilid 2). Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Parhizgar. (2015). Effect of Brand Factors on Customer Loyalty. Jurnal GMP Review of Marketing, 18(2), 1476–4517.
Rust, R. T., Huang, M. H., & Kumar, V. (2021). Brand reputation: Measurement, management, and research directions. Journal of Marketing, 85(1), 21-44.