Menilai Maskulinitas dalam Dunia E-Sports: Persepsi Pemain Pria terhadap Karakter Wanita pada Gim Valorant

  • Guruh Hario Pinandhito Universitas Bakrie
  • Adrian Arditiar Universitas Bakrie
  • Dessy Kania Universitas Bakrie
  • Dion Wardyono Universitas Bakrie
  • Anastasya Andriarti Universitas Bakrie
Keywords: Persepsi, Maskulinitas, Gim Valorant, Penggunaan Karakter/Agen Wanita

Abstract

Di zaman modern, industri game semakin aktif dalam pengembangan produk, menggunakan berbagai teknik pemasaran untuk mendorong orang bermain. Salah satunya game Valorant, game bergenre FPS/fighting merupakan game yang pemainnya lebih banyak laki-laki dibandingkan pemain perempuan. Namun kebanyakan laki-laki lebih memilih menggunakan karakter/agen perempuan dibandingkan karakter/agen laki-laki di game Valorant sendiri. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana persepsi pemain pria terhadap penggunaan karakter wanita dalam game Valorant dalam kaitannya dengan pengertian maskulinitas. Temuan menunjukkan bahwa pemain laki-laki menggunakan karakter/agen perempuan berdasarkan kemampuannya, dan hal ini tidak melemahkan citra maskulinitas pemain laki-laki.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Guruh Hario Pinandhito, Universitas Bakrie

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

Adrian Arditiar, Universitas Bakrie

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

Dessy Kania, Universitas Bakrie

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

Dion Wardyono, Universitas Bakrie

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

Anastasya Andriarti, Universitas Bakrie

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

References

Ariesta, A. (2021, 12 03). IDXCHANNEL.COM. From idxchannel.com: https://www.idxchannel.com/economiCS/industri-game-di-indonesia-kian- potensial-sejak-pandemi-covid-19
Beynon, J. (2002). Masculinities and Culture. Open University.
England: Pearson Education Limited.
faizalkamil. (2022, 09 20). esports.id. From esports.id: https://esports.id/Valorant/news/2022/09/42e499e591496cb71d9a11ae109 dc962/final-V alorant-champions-2022-cetak-rekor-penonton-terbanyak
liquipedia Valorant. (n.d.). From liquipedia.net: https://liquipedia.net/V alorant/F0rsakeN
Solomon, M. R. (2018). Consumer Behavior Buying, Having, and Being.
SURBAKTI, C. W. (19, 07 2023). ONE ESPORTS. From www.oneesports.id: https://www.oneesports.id/Valorant/jumlah-pemain-Valorant-di-seluruh- dunia/
Published
2024-08-16
How to Cite
Pinandhito, G. H., Arditiar, A., Kania, D., Wardyono, D., & Andriarti, A. (2024). Menilai Maskulinitas dalam Dunia E-Sports: Persepsi Pemain Pria terhadap Karakter Wanita pada Gim Valorant. ARUNIKA: Bunga Rampai Ilmu Komunikasi, 2(02), 23 - 28. https://doi.org/10.36782/arunika.v2i02.369