Analisis Persepsi Followers Instagram Akun @Jennierubyjane Sebagai Brand Ambassador Chanel
Abstract
Brand ambassador merupakan indikator yang penting bagi sebuah merek untuk membentuk persepsi terhadap cerminan merek. Dalam konteks ini, persepsi followers Instagram terhadap Jennie BLACKPINK sebagai brand ambassador Chanel memainkan peran kunci dalam membentuk citra dan daya tarik merek tersebut. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dengan pendekatan kualitatif untuk menggali pandangan para pengikut akun @jennierubyjane. Berdasarkan teori persepsi Solomon—sensasi, atensi, dan interpretasi—ditemukan bahwa Jennie dipandang sebagai representasi ideal Chanel, mencerminkan elegansi dan kemewahan. Melalui unggahan akun Instagram @jennierubyjane tidak hanya memperkuat citra Chanel, tetapi juga memperluas daya tariknya, terutama di kalangan generasi muda. Jennie berhasil menarik perhatian followers pada produk-produk Chanel hingga ia mendapat julukan sebagai “Human Chanel”. Penelitian ini menegaskan peran strategis brand ambassador dalam memperkuat hubungan emosional dengan merek melalui media sosial.
Downloads
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode penelitian kualitatif.
Ansori, M. (2020). Metode penelitian kuantitatif edisi 2.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram handbook. Media Kita.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications, Inc.
Devito, J. A. (2018). The interpersonal communication book (14th ed.). Pearson Canada.
Dewi, S., Permata, L. G., Natasya, E., & Siagian, H. (2020). The effect of brand ambassador, brand image, and brand awareness on purchase decision of Pantene shampoo in Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences, 76, 01023. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601023
Elle. (2023, May 2). BLACKPINK's Jennie stuns in Chanel dress at Met Gala 2023. Elle.
Hendayana, Y., & Afifah, N. (2021). Pengaruh brand ambassador dan Korean Wave terhadap minat belanja online melalui marketplace Tokopedia. KINERJA Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 32–46.
Kim, M. (2022). Popularitas K-Pop di Indonesia. Korean Journal of Cultural Studies. [journal article]
Kim, Y. (2022). #KpopTwitter reaches new heights with 7.8 billion global Tweets. Twitter Blog.
Komalasari, D. (2023). Impact Jennie BLACKPINK! Chanel brand managed to rank 1st luxury brand in Korea. RBG.ID.
Kvibes, C. (2023). BLACKPINK's Jennie boosts Chanel sales by 1.6 trillion won through coco crush campaign. News Kvibes.
Mamik. (2015). Metodologi kualitatif.
Mann, S. (2016). The research interview.
Nurhasanah, Mahliza, F., Nugroho, L., & Putra, Y. M. (2021). The effect of E-WOM, brand trust, and brand ambassador on purchase decisions at Tokopedia online shopping site. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1071(1), 012017. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1071/1/012017
Peishan, S., & Yifei, W. (2021). Luxury brands culture and marketing: How does Chanel stay popular. Advances in Economics, Business and Marketing Research, 203.
Solimun, Armanu, & Achmad, A. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif perspektif sistem.
Solomon, M. R. (2016). Consumer behavior: Buying, having, and being (12th ed.). Pearson Education Limited.
Sugyiono. (2015). Metode penelitian pendidikan.
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan, dan keagaman. [CrossRef]
Widayanti, R. (2018). Ushuluddin (FU) student views on globalization.
Yörük, E. E., & Summak, M. E. (2023). Influencer marketing and public relations: The new dynamics of building a brand image in the digital age. Journal of Business & Finance in Emerging Markets, 6(2), 68.