Road to Resiliance: Kajian Resepsi Gen Z terhadap Film Dokumenter Anti Terorisme
Keywords:
Analisis Resepsi, Generasi Z, Film Dokumenter, Isu TerorismeAbstract
Fenomena penyebaran ideologi radikal melalui media digital menjadi tantangan serius dalam upaya pencegahan terorisme. Generasi Z (Gen Z) sebagai kelompok digital native memiliki tingkat konsumsi media yang tinggi, sehingga rentan terhadap pengaruh berbagai narasi, termasuk yang berkaitan dengan ekstremisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Gen Z menerima dan menafsirkan pesan dalam film dokumenter ”Road to Resilience” melalui pendekatan teori resepsi Stuart Hall. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik Forum Group Discussion (FGD) terhadap partisipan Gen Z setelah menonton film tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resepsi audiens terbagi dalam dua kategori: dominant hegemonic position, negotiated position, dan oppositional position. Sebagian besar partisipan berada dalam kategori dominan, yang mengartikan mereka memahami pesan yang disampaikan. Hanya sebagian kecil partisipan yang berada di negotiated position atau menerima pesan tetapi tetap menyesuaikannya dengan pengalaman dan perspektif pribadi. Sementara itu, tidak ada partisipan yang berada dalam kelompok oposisi (oppositional) atau menolak dan mempertanyakan narasi yang dihadirkan dalam film. Partisipan memiliki pengetahuan yang luas tentang isu terorisme. Keseluruhan partisipan setuju bahwa isu terorisme ini merupakan isu yang kompleks dan Gen Z memiliki peran penting untuk turut melakukan pencegahan. Temuan ini juga mengindikasikan bahwa film dokumenter dapat menjadi sarana komunikasi strategis dalam membangun kesadaran anti-terorisme, tetapi efektivitasnya sangat bergantung pada bagaimana audiens menafsirkan informasi yang diterima. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya strategi komunikasi yang lebih adaptif dan interaktif untuk meningkatkan efektivitas edukasi anti-radikalisme di kalangan Gen Z.
Downloads
References
Anak, K. N. P. E. S. K. (2008). Eksploitasi Seksual Komersial Anak di Indonesia. Medan, Restu Printing Indonesia, Hal.57, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Ansori, M. H., Rasyid, I., Arif, M., & Hutagalung, V. (2019). Memberantas Terorisme di Indonesia: Praktik, Kebijakan, dan Tantangan. Jakarta Selatan: The Habibie Center.
Antara News. (den 30 Oktober 2024). Antara News. Hämtat från antaranews.com: https://www.antaranews.com/berita/4431453/pengamat-anak-muda-rentan-terpapar-paham-radikal-di-media-sosial
Arianti, A., Salsabilla, E., Adhim, M. F., Widia, N. A., Fitri, N. A., & Hudi, S. F. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mencegah Radikalisme di. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1-7.
Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film . Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 74-86.
Angermuller, J., Maingueneau, D., & Wodak, R. (2014). The Discourse Studies Reader. The Discourse Studies Reader. https://doi.org/10.1075/z.184
Bødker, H. (2018). Stuart Hall Lives: Cultural Studies in an Age of Digital Media. In Stuart Hall Lives: Cultural Studies in an Age of Digital Media. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315158549
Cahyani, N., Hutagalung, E. N., & Harahap , S. H. (2024). Berpikir Kritis Melalui Membaca: Pentingnya Literasi Dalam Era. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 417-422.
Center, T. H. (2019). Kajian Kontra Terorisme dan Kebijakan, Tantangan dan Solusi Simpatisan ISIS.
Chairunisa, H., Sahara, S., Karimah, M., Lubis, W. M., Gultom, D. V., & Limayasi, C. N. (2024). Strategi Komunikasi Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Gen Z. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(5), 2205–2214. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i5.3146
Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Christian Nababan, W. M. (2024). Sepanjang 2024, Ada 2.264 Akun Medsos Sebarkan Konten Terorisme. Kompas.
Cristiana, M., Khanif, A., & Anggono, B. D. (2022). Kebijakan Pemulangan WNI Eks ISIS Ditinjau dari Perspektif. IDJ, 57-76.
Deryansyah, A. D., Rachmadani, R., & Putri, S. S. (2023). Pemanfaatan Tiktok oleh Gen-Z sebagai Platform Edukasi melalui Konten Tiktok Edukasi. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian Dan Studi Ilmu Komunikasi), 4(2), 68. https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2023.4.2.2965
Espejo, L., Perez, N., Mendoza, C., & Gagarín, Y. (2025). A Systematic Review on Unique Characteristics of Generation Z and Their Impact on Purchasing Decisions. Journal of Ecohumanism, 4(1), 12–25. https://doi.org/10.62754/joe.v4i1.4079
Farzand, M. (2024). Cocumentary and Film Studies in Literature: A Comprehensive Analysis.
Haki, U., Prahastiwi, E. D., & Selatan, U. T. (2024). Strategi Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i1.67
Hasbullah, S. N. S. A. R., Setiawan, A. A. M., Rais, M. A. R. P., Dermawan, M. C. R. F. Z. R., & Kamil, M. F. S. W. R. S. Q. H. (2018). Ragam Metode Penelitian. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1). http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
Helmi, S. (2021). Analisis data (Issue January 2014).
Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Pendidikan. Jurnal Study Kasus, August, 128.
Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2023). Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 212–225. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.738
Irwanto, V. A., & Prabandani, H. W. (2023). Perlindungan Generasi Milenial Terhadap Ancaman Narasi Terorisme: Tinjauan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Jurnal Ilmiah Publik, 72-84.
Ivan, J., Budi Waspada, A. E., & Jasjfi, E. F. (2021). Perancangan Desain Video Materi Pembelajaran Untuk Mahasiswa Dkv Dalam Media Digital Youtube. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 3(2), 257–283. https://doi.org/10.25105/jsrr.v3i2.9428
Jayawangsa, I. G. A. R. (2021). Penjaminan Mutu Pendidikan Bahasa Bali Pada Generasi Digital dan Relevansinya Pada Masa Pandemi Covid-19. PINTU:Pusat Penjaminan Mutu, 2(1), 39–48. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurnalmutu/article/view/1327
Kamarullah, M. (2023). Dilema Pemerintah Indonesia Menolak Repatriasi WNI Eks ISIS:. Politica, 53-74.
Król, K., & Zdonek, D. (2021). Social media use and its impact on intrinsic motivation in Generation Z: a case study from Poland. Global Knowledge, Memory and Communication, 70(4/5), 442–458. https://doi.org/10.1108/GKMC-08-2020-0113
Langman, L. (2015). An Overview: Hegemony, Ideology and the Reproduction of Domination. Critical Sociology, 41(3), 425–432. https://doi.org/10.1177/0896920515570208
Li, P., & Hassan, S. H. (2023). Mapping the literature on Gen Z purchasing behavior: A bibliometric analysis using VOSviewer. Innovative Marketing, 19(3), 62–73. https://doi.org/10.21511/im.19(3).2023.06
Lubis, B., & Mulianingsih, S. (2019). Keterkaitan Bonus Demografi Dengan Teori Generasi. Jurnal Registratie, 1(1), 21–36. https://doi.org/10.33701/jurnalregistratie.v1i1.830
Maryani, L., & Sulistyo, T. (2021). Pemulangan "Warga Negara Indonesia Eks Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS)" dalam Perspektif HAM . Jurnal Ius Constituendum, 497-512.
Muliyah, P., Aminatun, D., Nasution, S. S., Hastomo, T., Sitepu, S. S. W., & Tryana. (2020). STRUKTUR SOSIAL DAN PRESTASI AKADEMIK GENERASI MILLENNIAL DI PTKIN JAWA TENGAH. In Journal GEEJ (Vol. 7, Issue 2).
Mustika, W. (2021). Status Stateless Warga Negara Indonesia Eks-ISIS dalam Perspektif HAM Internasional. Waode Mustika, 57-70.
Njie, B., & Asimiran, S. (2014). Case Study as a Choice in Qualitative Methodology. 4(3), 35–40.
Nova, F. (2009). Crisis Public Relation: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Grasindo.
Noviana Aini. (2023). Pemanfaatan Media Dakwah Platform Digital di Era Generasi Z. CBJIS: Cross-Border Journal of Islamic Studies, 5(2), 109–116. https://doi.org/10.37567/cbjis.v5i2.3184
Nugroho Joko, & Ismail, D. H. (2024). Critical Thinking Skills Building Strategies for Generation Alpha Z. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 7(1), 46–55. https://doi.org/10.31334/transparansi/
Panjaitan, A. H., Rahayu, N. S., & Hamka. (2022). Implementasi Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme. Jurna; Publicuho, 1521-1536.
Prisgunanto, I., Rusmawan, T., & Hamid, S. (2023). Konten Isu Terorisme di Media Sosial dan Ketakutan Anggota . Wacana, 342-356.
Putra, M. K., & H. A. (2023). Analisis Resepsi Gen Z Terhadap Isu Kesehatan Mental Dalam Film . INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 5351-5365.
Redaksi. (den 27 Agustus 2024). Hämtat från womenandcve.id: https://womenandcve.id/blog/2024/08/27/diseminasi-peta-jalan-pencegahan-ekstremisme-film-road-to-resilience-jadi-sorotan/
S. A., Kurdaningsih, D. M., & U. M. (2024). Resepsi Film Dokumenter Seaspiracy dalam Membangun Kesadaran Sosial Tentang Isu Kerusakan Lingkungan Laut. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 389-405.
Sabila, S. A., & Jati, P. R. (2024). Resepsi Film "Ice Cold: Murder Coffee and Jessica Wongso": Interpretasi yang Membentuk Pemahaman Penonton. Journal of Mandalika Literature, 222-230.
Sholihin, M. (den 9 Desember 2023). Detik.com. Hämtat från news.detik.com: https://news.detik.com/berita/d-7115325/riset-bnpt-2023-wanita-dan-gen-z-rentan-terpapar-radikalisme
Sholihin, M. (2023). Riset BNPT 2023: Wanita dan Gen Z Rentan Terpapar Radikalisme. Jakarta: Detik.com.
Sukoco, A., Syauqillah, M., & Ismail, A. U. (den 11 November 2021). Media, Globalisasi, dan Ancaman Terorisme. Volume 3 : No. 2.
Sumawiharja, F. A., & Ismunandar, A. I. (2020). Analisa Kebijakan Penerimaan WNI Mantan. Jurnal Keamanan Nasional , 97.
Sumpter, C. (2018). Returning Indonesian Extremists: Unclear Intentions and Unprepared Responses. International Centre for Counter-Terrorism- The Hague, 1-14.
Susanti, E., Ismira, A., & Sadriani. (2023). Analisis Propaganda Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Indonesia. Hasanuddin Journal of International Affairs, 124-138.
Sekar Arum, L., Amira Zahrani, & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Gen Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812
Serafini, F. (2010). Reading multimodal texts: Perceptual, structural and ideological perspectives. Children’s Literature in Education, 41(2), 85–104. https://doi.org/10.1007/s10583-010-9100-5
Stoddart, M. C. J., & Stoddart, C. J. (2015). Social Thought and Research Ideology , Hegemony , Discourse : A Critical Review of Theories of Knowledge and Power Linked references are available on JSTOR for this article : Review Discourse : of of Theories and Power Knowledge. 28(2007), 191–225.
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. 9, 2721–2731.
Taruna, M. R. (2022). Analisis Resepsi Kelas Sosial dalam Film "Crezy Rich Asians". Jurnal Mahasiswa Komunikasi CANTRIK, 129- 138.
Widiarni, F., Pratiwi, I., Masyhuri, & Muda, Y. (2024). Dinamika Radikalisme di Dunia Maya: Analisis Tren dan Strategi Pencegahan. Journal of Education Research, 3346-335.
Taqilla, F., & Afifah, L. (2024). Resepsi Mahasiswa Sastra Jerman terhadap Nilai Moral yang Terdapat dalam Film Almanya: Willkommen In Deutschland. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(3), 231–244. https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p231-244
Wong, M. C. (2021). Does corporate social responsibility affect Generation Z purchase intention in the food industry. Asian Journal of Business Ethics, 10(2), 391–407. https://doi.org/10.1007/s13520-021-00136-9
Zaini, P. M., Zaini, P. M., Saputra, N., Penerbit, Y., Zaini, M., Lawang, K. A., & Susilo, A. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (Issue May).
Zaman, S. N. (2024). Survey Deloitte: Kekhawatiran Gen Z dalam Hidup. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(1), 54–62. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i1.658
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lulu Il Shafa, Mirana Hanathasia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.