Analisis Brand Image Starbucks Indonesia Dalam Perspektif Consumer Animosity Pasca Konflik Israel-Palestina
Abstract
Konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina merupakan konflik yang bisa memberikan dampak bagi beberapa aspek dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana variabel consumer animosity (kebencian konsumen) dan brand image terdistribusi dalam populasi, dan juga untuk menganalisis persepsi dan sikap responden terhadap isu Israel-Palestina. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei deskriptif, data dikumpulkan dari 389 konsumen Starbucks di Jakarta Barat melalui teknik accidental sampling. Analisis deskriptif dan wawancara dilakukan untuk menggali persepsi responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kebencian konsumen terhadap brand image Starbucks, dengan distribusi data yang seimbang namun dipengaruhi oleh tekanan sosial, yang menyebabkan bias pada hasil kuesioner.
Downloads
References
Ahdiat, A. (2023, 12 7). Harga Saham Starbucks Melorot di Tengah Seruan Boikot. Diambil kembali dari Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/12/07/harga-saham- starbucks-melorot-di-tengah-seruan-boikot
Annur, C. M. (2024, April 25). Gen Z Terdepan dalam Aksi Boikot Produk Pro Israel. Diambil kembali dari Databoks Katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/25/gen-z-terdepan-dalam-aksi- boikot-produk-pro-israel
Gusnadi, F., Mohamad, E., & Apriyana, N. (2024). Analisis Brand Hate Terhadap Brand Avoidance Pada Merek Starbucks Konteks Issue Israel-Palestina. Jurnal Cahaya Mandalika, 5(1).
Keller, K. L. (2013). Strategic brand management: building, measuring, and managing brand equity (4th ed.) (Vol. 5). England: Pearson Education, Inc.
Mahiri, E. A. (2020). Pengaruh, Brand Image Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3).
Mirza, A. D., & Supriyadi. (2019). PENGARUH TEKANAN SOSIAL TERHADAP PENCIPTAAN BUDGETARY SLACK DENGAN PENALARAN MORAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI.
Muhaimim. (2023, 10 23). Fokus. Diambil kembali dari International Sindonews: https://international.sindonews.com/read/1232997/45/10-negara-yang-beri-bantuan- ke-rakyat-palestina-saat-gaza-dibombardir-israel-1698041411
Nawaz, M. Z., Nawaz, S., Guzman, F., & Plotkina, D. (2023). The aftermath of Covid-19: The rise of pandemic animosity among consumers and its scale development. Journal of Business Research, 157.
Riptono, S. (2020). PENGARUH ALLOCENTRIS DAN ANIMOSITY TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK MAKANAN LOKAL DENGAN ETHNOCENTRISM SEBAGAI
INTERVENING VARIABEL. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 6(2).
Salsabilla, R. (2023, 11 2). 3 Fakta Gerakan Boikot Starbucks, Benarkah Sokong Israel? Diambil kembali dari CNBC Indonesia:
https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20231102110948-33-485757/3-fakta- gerakan-boikot-starbucks-benarkah-sokong-israel
Saputri, B., & Achyar, A. (2018). Analisis pengaruh consumer animosity dan boycott motivation pada konsumen muslim Indonesia = The effect of consumer animosity and boycott motivation towards Indonesian muslim consumer.
Septiazi, M. R., & Yuliana, N. (2023). Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Gerakan Boikot Produk Israel di Indonesia. Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 2(4).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhud, U. (2017). Purchase Willingness and Unwillingness of Indonesian Consumers on Israeli Products. Binus Business Review, 8(3).
World Population Review. (2024). Diambil kembali dari https://worldpopulationreview.com/
Copyright (c) 2024 Erlangga Krisna Yogi, Mirana Hanathasia, Annisa Fitriana Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.