Komunikasi Gen Z dan Mental Health (Pola Komunikasi Interpersonal Gen Z dalam Membentuk Positive Mental Health)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran komunikasi interpersonal dalam membentuk positive mental health pada Generasi Z. Komunikasi interpersonal, sebagai proses komunikasi antara individu yang melibatkan pertukaran pesan dan feedback, dianggap penting dalam konteks kesehatan mental Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan triangulasi data sebagai metode pengumpulan dan analisis data. Teori yang dipakai dalam penelitian adalah teori komunikasi interpersonal. Melalui wawancara dengan dua informan Generasi Z, penelitian ini disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal memainkan peran penting dalam membentuk positive mental health pada Generasi Z. Kesehatan mental yang baik dapat dicapai melalui interaksi yang positif, keterbukaan diri, dan kepercayaan diri dalam komunikasi interpersonal. Saran yang diajukan adalah bagi Generasi Z yang merasa kurang percaya diri atau tertutup, perlu meningkatkan keterbukaan diri dan mengembangkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi agar dapat membentuk positive mental health yang optimal.
Downloads
References
Arouf, A., & Aisyah, V. N. (2020). Strategi Keterbukaan Diri oleh Book. Edinburgh: Pearson Education Limited
Budiarti, M., & DH, Dwi P. (2019). Membangun Komunikasi
Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Network Media. 3(1): 95-101.
DeVito, Joseph A. (2016). The Interpersonal Communication.
IDN Media. IDN Research Institute. (2024). Indonesia Gen Z Report. Jakarta.
Interpersonal Psikolog dengan Pasien Psikosis. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema. 3(1): 21-33.
Juli, J., & Sulistyowati, F. (2023). Komunikasi Interpersonal Antar Mahasiswa Di Asrama Sebagai Upaya Menjaga Kesehatan Mental. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan. 2(1): 1-10.
Junaidi, J., & Zaluhku, L. W. (2021). Peran Komunikasi Komunikasi Antar Pribadi Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Bermain Peran. Jurnal Prakarsa Paedagogia. 3(1).
Lubis, M. S. I. (2020). Komunikasi Antarpribadi Guru Dan Siswa
Manurung, R. T., Victoriana, E., & Amadeus, A. E. (2021). Membangun Komunikasi Verbal Positif dalam Keluarga dengan Pengelolaan Emosi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 7(3): 1339-1346.
Pendamping Kepada Anak-Anak Korban Kekerasan Seksual di Surakarta. Jurnal komunikasi. 15(1): 35-48.
Positif Orangtua Dengan Anak Usia Dini Di Era Digital. In Seminar Nasional PAUD 2019 (pp. 175-180).
Putri, S. M. S. S. (2020). Analisis Pendekatan Komunikasi