Upaya Meningkatkan Keterlibatan Merek Melalui Konten Matrik Pemasaran @LoveBeautyAndPlanet_id

  • Hany Nurahmawati Universitas Bakrie
  • Andini Sophan Ditami Universitas Bakrie

Abstrak

Kemajuan teknologi digital dan internet, mendorong pengembangan konsep pemasaran baru melalui penyajian konten di media sosial. Pemasaran konten tersebut  menjadi wadah bagi merek dalam menyajikan konten yang menarik, edukatif, menghibur, inspiratif, dan meyakinkan audiens, sebagai upaya meningkatkan brand engagement. Sebagai salah satu merek yang menyediakan produk perawatan kecantikan tubuh dengan konsep ramah lingkungan, Love Beauty and Planet Indonesia juga mengimplementasikan content marketing matrix di Instagramnya sebagai upaya meningkatkan brand engagement. Penelitian  ini menggunakan konsep content marketing matrix oleh Chaffey dan Bosomworth (2013), serta brand engagement menurut Paine (2011). Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus intrinsik. Ditemukan bahwa @lovebeautyandplanet_id berhasil  mengimplementasi- kan konsep content marketing matrix dengan baik, sehingga level brand engagement nya berada di fase aktif. Oleh karena itu,  untuk dapat mencapai tahap engagement tertinggi yakni commited  dan loyalist,  LBP harus memperbanyak eksplorasi  pada matriks konten yang menghibur seperti mengadakan games interaktif selain giveaway, dan memperluas konten inspiratif melalui kolaborasi dengan tokoh-tokoh yang berpengaruh dan  terkenal, maupun dengan  organisasi yang aktif di bidang kegiatan pecinta lingkungan

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

Referensi

Clow, K. E.(2016). Integrated advertising promotion, and
Marketing Communication Pearson Education India.
Chaffey, D., & Bosomworth, D. (2013). Digital Strategy:
Planning Template.Smartinsights
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2012).
Digital marketing: strategy, implementation, and practice (Vol. 5). Harlow: Pearson
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and r
esearch design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Febridianti, D. G. A., & Pribadi, M. A. (2023). Peran Interaksi
Simbolik dalam Membuat Content Marketing untuk Menciptakan Brand Engagement Media Sosial@ dailysocial. id. Prologia, 7(1), 110-118.
Khan, I., Hollebeek, L. D., Fatma, M., Islam, J. U., & Rahman, Z.
(2020). Brand engagement and experience in online services. Journal of Services Marketing, 34(2), 163-175.
Hollebeek, L. (2011). Exploring customer brand engagement:
definition and themes. Journal of strategic Marketing, 19(7), 555-573.
Juska, J. M. (2021). Integrated marketing communication:
advertising and promotion in a digital world. Routledge.
Kingsnorth, S. (2016). Digital Marketing Strategy an Integrated
Approach to Online Marketing. United Kingdom: Kogan Page.
Miles, J. (2019). Instagram Power Build Your Brand and Reach
More Customer with Visual Influence. United States: McGraw-Hill.
Paine, K., D. (2011). Measure What Matters: Online Tools
for Understanding Customers, Social Media, Engagement, and Relationships. New Jersey: John Willey & Sons Inc.
Pulizzi, J. and Barrett, N., 2009. Get content. Get customers. NY,
USA: McGraw Hill.
Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. Universitas
Brawijaya Press.
Susanto. N.C. (8 April 2024). Digital Indonesia Report 2024 by We Are Social .pdf
https://www.slideshare.net/slideshow/digital-indonesia-report-2024-by-we-are-social-pdf/267156491 diakses pada 5 Mei 2024, pukul 20.15WIB.
Diterbitkan
2024-05-11