Dukungan dan Inovasi Era Digital sebagai Pemberdayaan Ekosistem UMKM (Strategi Positioning Rumah BUMN BRI dalam Sektor UMKM)
Abstrak
Strategi merek sangat penting bagi bisnis untuk dimanfaatkan sebagai upaya pembentukan identitas dan pembeda merek dari pesaing. Strategi pemasaran yang menciptakan kesan tertentu pada konsumen adalah strategi positioning. Tulisan ini mencoba menganalisis strategi positioning Rumah BUMN BRI untuk menyasar UMKM binaan BRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi positioning yang dilakukan Rumah BUMN BRI berdasarkan keunggulan produk dan produk pesaing adalah relevan sehingga memperkuat merek. Manfaat produk terbagi menjadi manfaat fungsional dan emosional dan diterima dengan baik oleh UMKM yang didukungnya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Hasiholan, L. B., & DJ, Y. R. (2019). Strategi Positioning Dalam Upaya Membangun Brand. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(2), 229-240.
Kotler, P. A. (2018). Principles of Marketing. United Kingdom: Pearson.
Kotler, P. K. (2016). Marketing Management 15th Global Edition. England: Pearson.