Pemanfaatan Jejaring Sosial dalam Mencari Referensi Resep Makanan Pendamping ASI bagi Working Mom
DOI:
https://doi.org/10.36782/ijsr.v2i2.21Kata Kunci:
MPASI, Sosial Media, Working MomAbstrak
Bayi usia enam bulan ke atas memasuki fase pemenuhan Makanan Pendamping ASI atau MPASI. Para Working Mom seringkali kesulitan dalam menyiapkan makanan sang anak, karena keterbatasan waktu dan pengetahuan resep makanan, sehingga memanfaatkan frozen food menjadi cara mudah dalam pemberian makanan. Selain dianggap lebih hemat, kebersihan juga lebih terjamin, dan yang terpenting adalah nutrisi tetap terpenuhi dan fresh saat dikonsumsi meskipun harus bergelut dengan waktu. Tujuan dilakukan Pengabdian kepada Masyarakat ini untuk mengedukasi para Working Mom dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pencari informasi, serta sumber terpercaya yang terverifikasi. Metode yang digunakan adalah Focus Group Discussion (FGD) bersama kurang lebih 30 peserta dari komunitas Mom Blogger Community dan Kota Pelangi di Pancoran, Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil FGD, para Working Mom memanfaatkan media sosial karena jaringan pertemanan dan kemudahan cara membuat makanan, tidak lagi mencari sumber terpercaya karena ketidakpahaman dalam memanfaatkan telepon pintar dan perlu mempertimbangkan, komposisi, penanganan bahan, teknik pengolahan, sanitasi dan teknik penyimpanannya.
Unduhan
Referensi
Anonim. (2017). “Waktu yang tepat memberikan MPASI” dalam Majalah Kartini, Agustus. Jakarta: PT Kartini Cahaya Lestari.
Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: PT Gramedia.
Diah. (2001). Menyiapkan Makanan Pendamping ASI, Cet. I. Jakarta: Puspa Swara.
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 224/Menkes/SK/II/2007 Spesifikasi Teknis Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI). 26 Februari 2007. Jakarta.
KOMINFO. (2018, Februari 19). Jumlah Pengguna Internet 2017 Meningkat, Kominfo Terus Lakukan Percepatan Pembangunan Broadband: Siaran Pers No. 53/HM/KOMINFO/02/2018. Kementerian Komunikasi dan Informastika. Diakses dari https://kominfo.go.id/content/detail/12640/siaran-pers-no-53hmkominfo022018-tentang-jumlah-pengguna-internet-2017-meningkat-kominfo-terus-lakukan-percepatan-pembangunan-broadband/0/siaran_pers
Kusmiyati, et al. (2014). Hubungan Pengetahuan Pendidikan dan Pekerjaan Ibu dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI pada Bayi Di Puskesmas Bahu Kecamatan Malahlayang Kota Manado. Jurnal Ilmiah Bidan, 2(2), 64-70.
Onis, M.D., Dewey, K.G., Borghi E, Onyango A.W., Blossner M, Daelmans B, et al. (2004). The World Health Organization Global Target on Childhood Stunting by 2025. Maternal & Child Nutrition, 9(2), 6–26.
Pribadi, Tyo. (2018, September 12). Asian Parent Beberkan Survei Perilaku Internet Ibu- Ibu Digital Masa Kini. Independensi. Diakses dari https://independensi.com/2018/09/12/asian-parent-beberkan-survei-perilaku-internet-ibu-ibu-digital-masa-kini/
Wahyuni, H. (2013). Kebijakan Media Baru di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Wilson, T.D. (2000). Human Information Behaviour. Informing Science, 3(2), 49-56.