Pola Komunikasi Antar Budaya Generasi Z Dalam Menjaga Toleransi Beragama (Studi Kasus War Takjil Ramadhan 2024 di TikTok)
Abstract
Media sosial kini telah menjadi salah satu ‘jalan ninja’ bagi Generasi Z. Generasi Z untuk mengekspresikan diri, menyuarakan opini, menampilkan kreativitas, berbagi informasi, dan berinteraksi antara satu dengan yang lain. Generasi Z menggunakan media online, khususnya TikTok, sebagai alat untuk memelihara toleransi antar agama selama fenomena 'War Takjil Ramadhan 2024'. Tulisan ini bertujuan untuk memahami pola komunikasi antar budaya Generasi Z dalam menjaga toleransi beragama selama bulan Ramadhan melalui platform TikTok. Analisis menunjukkan bahwa Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila berperan sebagai pedoman dalam perilaku toleransi Generasi Z. Selain itu proses internalisasi dan eksternalisasi di media sosial membuka pemahaman Gen Z akan pentingnya toleransi.
Downloads
References
Ardila, Bela, Agus Salim. (2022). Implementasi Komunikasi Antar Budaya di Wilayah Urban: Sebuah Pengalaman dari Jambi. TABAYYUN: Jurnal Akademik Ilmu Dakwah, 1 (1), 1 – 18.
Arsetyo, Yulio Iqbal Cahyo. (2021). Pengelolaan Kedaulatan Wilayah Udara Indonesia di Natuna berdasarkan Konvensi Chicago 1944 dalam Perspektif Hukum Internasional. Jurnal Defendonesia, 5 (1), https://doi.org/10.54755/defendonesia.v5i1.102
Asiyah, Siti. (2013). Pola Komunikasi Antar Umat Beragama (Studi Komunikasi Antarbudaya Tionghoa dengan Muslim Pribumi). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29616
Astuti, Aloysia Triska Widhi. (2021). Pengaruh Phubbing Terhadap Kualitas Komunikasi Interpersonal Generasi Z Di Kota Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. https://e-journal.uajy.ac.id/26307/
Azzahrah, A. A., Dewi, D. A. (2021). Toleransi Pada Warga Negara di Indonesia Berlandaskan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa . De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(6), 173–178. https://doi.org/10.56393/decive.v1i6.229
Dahlan. (2022). Sikap Generasi Milenial Dan Generasi Z Terhadap Toleransi, Kebinekaan, Dan Kebebasan Beragama Di Indonesia.
Ghorbal, S., & Lestari, S. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Prasangka, dan Kualitas Pertemanan terhadap Sikap Toleransi Siswa pada Sekolah Berbasis Agama. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 185-198. doi:10.36667/jppi.v9i2.765
Karmilah, Sobarudin. (2019). Konsep Dan Dinamika Komunikasi Antarbudaya Di Indonesia. http://dx.doi.org/10.29240/jdk.v4i1.886
Kholisah. (2015). Meningkatkan Sikap Toleransi Antar Sesama Masyarakat di Indonesia. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2415
Manuain, Leryani Mince Maria, Osian Orjumi Moru, Trijuliani Renda, Andri Oktovianus Pellondou, Junita Naitboho. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap Toleransi Beragama di Media Sosial. Asketik: Jurnal Agama dan Perubahan Sosial, 6 (2), 213-244.
Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan berdasarkan Karakter Generasi Z. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 197–210. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.216
Rachman, Maman. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter Berwawasan Konservasi Nilai-Nilai Sosial. DOI: https://doi.org/10.15294/fis.v40i1.5497
Rahmelia (2023). Toleransi Beragama Di Perguruan Tinggi. Vol 15 (1). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi
Rahmelia, S. (2020). Hubungan Kebermaknaan Hidup Dan Sikap Toleransi Beragama Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Berbasis Keagamaan Di Palangka Raya. Dialog, 43 (1), 49–58. https://doi.org/10.47655/dialog.v43i1.345
Rizak, M. (2018). Peran Pola Komunikasi Antarbudaya Dalam Mencegah Konflik Antar Kelompok AgamA. Islamic Communication Journal, 3(1), 88-104. doi:https://doi.org/10.21580/icj.2018.3.1.2680
Sakitri, G. (2021). "Selamat Datang Gen Z, Sang Penggerak Inovasi!". Forum Manajemen, 35(2), 1-10. Retrieved from https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/FM/article/view/596
Salsabila. (2022). Peran Generasi Z Dalam Moderasi Beragama Di Era Digital. Al-Adyan Journal of Religious Studies. DOI: https://doi.org/10.15548/al-adyan.v3i2.4814