Communication Network Analysis Dalam Pengaruh Komunitas Virtual Red Devil Jersey Collector Terhadap Perilaku Pembelian

  • Zefanya Ayu Valencia Universitas Bakrie
  • Annisa Fitriana Lestari Universitas Bakrie
  • Rati Sanjaya Universitas Indonesia
  • Alan Dermawan Universitas Indonesia
  • Muhammad Ashari Universitas Indonesia
  • Achmad Rouzni Noor II Universitas Indonesia
Keywords: Komunitas Virtual, Komunitas, E-WOM, Communication Network Analysis, Perilaku Konsumen

Abstract

Mengenali karakteristik dan pola pelanggan melalui media sosial adalah hal yang sangat menguntungkan bagi para kolektor, salah satunya yang dilakukan komunitas pecinta jersey Manchester  United Red Devil Jersey Collector atau RDJC Indonesia. Communication Network Analysis (CNA) adalah metode yang menggambarkan dan menjelaskan jaringan dalam hubungan sosial serta strukturnya. Melalui CNA, tulisan ini mencoba manganalisis perilaku pembeli dan aktor yang berperan sebagai perantara pesan dan informasi dalam komunitas virtual Red Devils Jersey Collector di grup WhatsApp. Hasil menunjukkan bahwa pembentukan komunitas virtual ini didasarkan pada member-initiated virtual community. Selain itu hasil juga menunjukkan peranan aktor dalam komunitas digambarkan melalui analisis betweenness centrality.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zefanya Ayu Valencia, Universitas Bakrie

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

Annisa Fitriana Lestari, Universitas Bakrie

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

References

Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi: Strategi Baru Dalam Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ramadoni, Wahyu. (2020). Pengaruh Promosi OVO Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Pada Pengguna OVO. Jurnal Ecopreneur, 3(1).
Rita, Karyana Hutomo, Natalia. (2013). Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Foursquare: The New Social Media. Binus Business Review, 4(2), 711-724.
Susanto, Kezia Yemima, Felicia Goenawan, Vita Monica. (2020). Perilaku Masyarakat Surabaya Dalam Proses Pengambilan Keputusan Memilih Produk Innisfree. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya , 8 (2), 1 – 7.
Syafarudin, Suharyono, Srikandi Kumaji. (2016). Pengaruh Komunikasi Electronic WORD Of Mouth Terhadap Kepercayaan (Trust) Dan Niat Beli (Purchase Intention) Serta Dmapaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Online Shopping Zafertech.com). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1), 65-72.
Widyaningrum, Anastasia Yuni. (2021). Kajian Tentang Komunitas Virtual: Kesempatan dan Tantangan Kajian di Bidang Ilmu Komunikasi. Komunikatif: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10 (2), 141 – 152.
Published
2023-12-29
How to Cite
Valencia, Z. A., Lestari, A. F., Sanjaya, R., Dermawan, A., Ashari, M., & Noor II, A. R. (2023). Communication Network Analysis Dalam Pengaruh Komunitas Virtual Red Devil Jersey Collector Terhadap Perilaku Pembelian. ARUNIKA: Bunga Rampai Ilmu Komunikasi, 1(01), 29 - 36. https://doi.org/10.36782/arunika.v1i02.358
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)