Pendekatan Storytelling sebagai Jawaban atas Tantangan Mental Health (Strategi Sosial Media "Menjadi Manusia" dalam Meningkatkan Self-Acceptance)

  • Shafira Larasati Wibowo Universitas Bakrie
  • Ken Ayuthaya Purnama Universitas Bakrie
  • Dianingtyas Murtanti Putri Universitas Bakrie

Abstrak

Banyak sekali konten tentang mengenal diri dengan membentuk identitas bersama karakter, seperti melalui media sosial YouTube. Salah satu channel bernama Being Human memanfaatkan Youtube untuk mengemas konten bertajuk "Seberapa Besar Anda Menyukai Diri Sendiri?". Tulisan ini hadir untuk melihat strategi komunikasi pemasaran digital channel Being Human ketika menyusun kontennya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berfokus pada pemasaran media sosial dan faktor-faktor yang berperan dalam proses penerimaan diri. Studi ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial YouTube efektif dalam membantu Being Human menyampaikan konten pendidikan kepada pelanggan, karena fitur video berdurasi panjang di YouTube membantu mereka memahami proses penerimaan diri. Selanjutnya, seluruh konten yang dibuat oleh Being Human dibuat dengan menggunakan pendekatan storytelling, dengan tujuan untuk memudahkan pelanggan dalam menerima informasi edukasi tentang kesehatan mental melalui kisah-kisah narasumber yang pernah mengalami berbagai penyakit mental.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

Referensi

Aliya, H. (2020, Desember 10). Marketing. Retrieved from Glints.com: https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-YouTube-stories- adalah/#.YpiyeKhBw2w
Armstrong, C. G., Delia, E. B., & Giardina, M. D. (2014). Embracing the Social in Social Media: An Analysis of the Social Media Marketing Strategies of the Los Angeles Kings. SAGE Journals, 145-165.
Clyne, G. (2019). Social Media Marketing Mastery (2 Manuscripts In 1). New York : Amazon Publishing.
Fahmi, M., Arif, M., Farisi, S., & Purnama, N. I. (2020). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Repeat Purchase Pada Fast-Food Restaurant di Kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 53- 68.
Festinger, L. (1954). A Theory of Social Comparison Processes. Sage Journals, 117- 140.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. London: Pearson Education.
Prameswari, V., & Khoirunnisa, R. N. (2020). Penerimaan Diri Pada Perempuan Korban Pelecehan Seksual Yang Dilakukan Oleh Keluarga. Jurnal Penelitian Psikologi, 62-78.
Wahyuni, G. A., & Wilani, N. M. (2019). HUBUNGAN ANTARA KOMPARASI SOSIAL DENGAN CITRA TUBUH PADA. Jurnal Psikologi Udayana, 176- 185.
Diterbitkan
2023-12-29
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##