Drama Korea dan TikTok: Menelusuri Motif dan Kepuasan Generasi Z melalui @Boboholokal

  • Cut Putri Fitria Universitas Bakrie
  • Mirana Hanathasia Universitas Bakrie
Keywords: Motif, Uses and Gratification Theory, Generasi Z, Drama Korea, TikTok

Abstract

TikTok lambat laun dijadikan sebagai media sosial yang memudahkan penggunanya dalam mengekspresikan diri maupun mendokumentasikan kehidupannya dalam bentuk konten, termasuk para penggemar K-Pop. Salah satu influencer TikTok yang cukup dikenal di kalangan penggemar K-Pop adalah Alex Simanjuntak atau @boboholokal, yang digemari Generasi Z lantaran keunikannya dalam menyampaikan pesan mengenai drama Korea yang sudah ia tonton. Motif kepuasan Generasi Z penggemar drama Korea terhadap informasi yang disampaikan oleh akun TikTok @boboholzokal merupakan topik yang akan dibahas dalam kajian ini. Temuan menunjukkan bahwa dibandingkan dengan motif lainnya seperti motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan, motif informasi dikatakan sebagai gerbang dasar menuju pengetahuan yang paling sering digunakan oleh seseorang, termasuk dalam hal ini ialah Generasi Z pecinta drama Korea.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Cut Putri Fitria, Universitas Bakrie

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial

Mirana Hanathasia, Universitas Bakrie

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial

References

Cahyaningrum, S. D. (2018). Studi Uses and Gratification Tentang Budaya Populer Korea Pada Komunitas BTS Army Indonesia Amino. Al-Misbah Jurnal Islamic Studies, 6(2). Retrieved from http://journal2.uad.ac.id/index.php/almisbah/article/view/2663

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia. Retrieved February 11, 2023, from datareportal.com: https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Kusuma, D. N., & Oktavianti, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Media Sosial Berbasis Audio Visual dalam Membentuk Konsep Diri (Studi Kasus Aplikasi Tiktok). Koneksi Vol.4 No.2 , 372 - 379.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2014). Teori Komunikasi Theories of Human Communication. Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Sediyaningsih, S. (2018). Konvergensi Media di Era Digital (Eksploitasi Media Komunikasi Dalam Proses Belajar Mengajar di Era Digital). Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 19(1), 54.

Suharyanti dan Mirana Hanthasia. (2021). Kampanye Generasi Berencana (GENRE), Sikap Generasi Z di Jakarta, dan Penetrasi Media Sosial Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 25(2), 203-222.

Yurliana. (2022). Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Wujud Aktualisasi Diri Didunia Maya (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tiktok Di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 7(1), 110-118.

Subagiyo, Nola Aisyah dan Nur Maghfirah Aesthetika. (2023). Motif Penggunaan Tiktok di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 5, 1-9.

Published
2024-03-31
How to Cite
Fitria, C. P., & Hanathasia, M. (2024). Drama Korea dan TikTok: Menelusuri Motif dan Kepuasan Generasi Z melalui @Boboholokal. ARUNIKA: Bunga Rampai Ilmu Komunikasi, 2(01), 1 - 6. https://doi.org/10.36782/arunika.v1i01.320

Most read articles by the same author(s)