Analisis Perilaku Konsumtif Penggemar K-Pop Dalam Sudut Pandang Generasi Z Pada Pembelian Tiket Konser Online Idol K-Pop

  • Kartika Indriati Hapsari Universitas Bakrie
  • Dianingtyas Murtanti Putri Universitas Bakrie
  • Suharyanti Universitas Bakrie
  • Ajenk Ningga Citra Universitas Bakrie

Abstrak

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggemar K-Pop terbanyak. Alhasil, para penggemar K-pop pun aktif membeli tiket konser idolanya, meski hanya menonton konser live secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana masyarakat, khususnya Generasi Z, berperilaku ketika membeli tiket konser online idola K-pop Victon dari perspektif perilaku konsumen. Hasil diskusi dan pemaparan diketahui bahwa para penggemar Gen Z dari idola K-pop Victon memiliki sifat hedonistik dan impulsif dalam memutuskan pembelian tiket karena mereka adalah penggemar dari idola saya. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian tiket Gen Z: persepsi, sikap dan keyakinan, pembelajaran dan ingatan, pengaruh diri sendiri, kelompok dan situasional, peran gender, dan subkultur. Di sisi lain, kelas sosial dan gaya hidup tidak mempengaruhi pembelian mereka, karena informan membeli tiket berdasarkan kesukaan dan kecintaan mereka terhadap idola K-pop Victon.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi (S1) Ilmu Komunikasi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Bakrie

Referensi

Andina, A. N. (2019). Hedonisme Berbalut Cinta dalam Musik K-Pop. Jurnal Syntax Media, 1(8), 39-49.
Blakeman, R. (2018). Integrated Marketing Communication: Creative Strategy from Idea to Implementation. Rowman and Littlefield Publishing Group.
Fill, C., & Turnbull, S. (2016). Marketing Communications: Discovery, Creation and Conversations Seventh Edition. Pearson Education
Perbawani, P. S., & Nuralin, A. J. (2021). Hubungan Parasosial dan Perilaku Loyalitas Fans dalam Fandom K-Pop di Indonesia. Jurnal Lontar, 9(1), 42-54.
Santoso, B., & Sahetapy, W. L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Sikap terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas pada Generasi Z di Surabaya. Journal Manajemen Bisnis, 7(2).
Santoso, G., & Triwijayati, A. (2018). Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online pada Generasi Z Indonesia. Journal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 11(3), 231-242.
Solomon, M. R. (2015). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being Eleventh Edition. Pearson Education
Wood, J. T. (2014). Communication Mosaics: An Introduction to the Field of Communication. Cengage Learning.
Zaid, H., Sudiana, Y., & Wibawa, R. S. (2021). Teori Komunikasi Dalam Praktik. Zahira Media Publisher
Diterbitkan
2024-08-19

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##