GENIUS: Upaya Memberantas Hoaks di Kalangan Generasi Z
Abstrak
Generasi Z sering menjadi korban hoaks karena kurangnya kemampuan berpikir kritis dalam menyeleksi informasi yang diterima. Kemajuan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), telah membuat penyebaran hoaks semakin canggih, seperti teknologi AI deepfake. GENIUS : Generasi Z Edukasi Nilai Informasi Untuk Sadarkan Sesama” bertujuan meningkatkan kesadaran dan kemampuan untuk berpikir kritis generasi Z dalam mengelola dan menghadapi informasi. Dengan fokus utama pada edukasi tentang hoaks yang dihasilkan oleh manusia, teknologi AI, serta peningkatan kemampuan berpikir kritis.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
https://aji.or.id/data/jurnalisme-cekfakta-melawan-disinformasi-pe milu-2024
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024, Februari 7).
APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Dikutip dari https://apjii.or.id/
Clow, K., & Baack, D. (2021). Integrated advertising, promotion, and marketing communications, global edition. Pearson Education.
Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan manfaat menggunakan internet dan website pada masa pandemi Covid-19. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.130
Raichanah, N., & Najicha, F. U. (2023). Peran pendidikan Pancasila di perguruan tinggi dalam menghadapi hoax. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 122-128.
https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9940
Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(1), 18-29. https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1704
Rakhmat, J. (1999). Psikologi komunikasi. Remaja Rosdakarya. Rulli Nasrullah. (2015). Teori media sosial (perspektif komunikasi,
kultur, dan sosioteknologi). Jogjakarta: Simbiosa Rekatama Media.
Soemarno, A. (2023). Masalah privasi dan keamanan data pribadi pada penerapan kecerdasan buatan. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 4917–4929. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7096
World Economic Forum. Global Risk Report 2024 https://www.weforum.org/publications/global-risks-report-2024/